10 Pahala Yang Tidak Pernah Terputus

"Jika anak Adam meninggal, amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak yang soleh yang berdoa kepadanya". (HR. Muslim)

Hadis diatas menjelaskan amal perbauatan seseorang akan terputus ketika dia meninggal dunia sehingga dia tidak lagi bisa mendapat pahala. Namun, ada tiga hal yang pahalanya terus mengalir walaupun pelakunya sudah meninggal dunia, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh.
Dalam Riwayat Ibn Majah, Rasulullah SAW, menambahkan tiga amal diatas, Rasulullah bersabda "Sesungguhnya amal dan kebaikan yang terus mengiringi seseorang ketika meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat, anak yang dididik agar menjadi saleh, mewakafkan Al Quran, membangun masjid, membangun tepat penginapan bagi para musafir, membuat irigasi, dan bersedekah" (HR. Ibnu Majah)
Menurut Imam As-Suyuti (911 H), bila semua hadis mengenai amal yang pahalanya terus mengalir walau pelakunya sudah meninggal dunia dikumpulkan, semuana berjumlah 10 amal, yaitu sebagai berikut :
1. Ilmu yang bermanfaat
2. doa anak saleh,
3. sedekah jariah (wakaf),
4. menanem pohon kurma atau pohon-pohon yang buahnya bisa dimanfaatkan,
5. mewakafkan al quran, buku, atau kitab,
6. berjuang dan membela tanah air,
7. membuat sumur,
8. membuat irigasi,
9. membangun tempa penginapan bagi para musafir,
10. membangun tempat ibadah dan belajar,
kesepuluh hal tersebut menjadi amal yang pahalanya terus mengalir karena orang yang masih hidup akan terus mengambil manfaat dari ke 10 hal tersebut.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

    BalasHapus